Pandemi memang bukan hal yang bisa disepelekan, semua kegiatan terhambat termasuk program KKN yang sudah menjadi kewajiban Mahasiswa semester akhir. KKN biasanya dilakukan offline secara berkelompok di suatu desa yang ditetapkan oleh Universitas. Namun, KKN kali ini berbeda. Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan KKN secara daring dengan konsep KKN Pulang Kampung. KKN dilaksanakan ditempat mahasiswa tinggal. Salah satunya adalah Firliyana Desari, Mahasiswa UNDIP melaksanakan KKN di Kelurahan Mlipak tempat ia tinggal.

Program KKN yang dilaksanakan berlangsung selama 45 hari yaitu dari tanggal 4 Januari sampai 16 Februari. Ia membuat 2 program kegiatan yaitu program Meningkatkan Literasi Digital Siswa-Siswi Sekolah Dasar dan DIY (Do It Yourself) Aloe Vera Hand Sanitizer.

Kegiatan pertama yaitu Meningkatkan Literasi Digital Siswa-Siswi Sekolah Dasar yang dilakukan di halaman sekolah SD N 1 Mlipak dengan jumlah peserta 7 anak per hari. Kegiatan pembelajaran mengenai literasi digital ini dilakukan pagi hari sambil berjemur dan memakai masker untuk mencegah penularan virus covid-19.

Program “Meningkatkan Literasi Digital Siswa-Siswi Sekolah Dasar” ini untuk siswa-siswi sekolah dasar yang melaksanakan study from home (belajar dari rumah). Dalam program ini harapannya anak-anak dapat tetap semangat belajar dan tidak malas membaca karena sejatinya belajar dari rumah seringkali disepelekan oleh siswa-siswi sekolah dasar karena tidak dipantau langsung oleh Bapak/Ibu Guru mereka. Dengan adanya progam ini, diharapkan para murid sekolah dasar yang berada di lingkungan sekitarnya dapat kembali bersemangat dan mau belajar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong siswa- siswi agar dapat menggunakan fasilitas (telepon genggam) yang diberikan oleh orang tua mereka agar lebih bermanfaat. Dengan melakukan literasi digital, siswa siswi dapat lebih aktif di rumah.

Program ke dua DIY (Do It Yourself) Aloe Vera Hand Sanitizer dilakukan secara door to door dengan mengedukasi anak-anak SD cara membuat hand sanitizer menggunakan lidah buaya. Program “DIY (Do It Yourself) Aloe Vera Hand Sanitizer” merupakan sebuah kegiatan yang berfokus pada anak-anak kecil yang sedang melakukan study from home atau belajar dari rumah melalui daring dan bertempat tinggal di dusun Weronsari RT 07 RW 04, Kelurahan Mlipak, Kabupaten Wonosobo. Dengan mengedukasi anak-anak dalam praktek pembuatan hand sanitizer diharapkan mereka dapat membuat hand sanitizer sendiri di rumah dan mengajari anggota keluarga lainnya saat ada waktu luang. Harga hand sanitizer sekarang ini masih terbilang tinggi meskipun harga barang lain seperti masker sudah kembali normal, maka dari itu jika anak-anak bisa membuat sendiri di rumah akan menghemat biaya pengeluaran keluarga namun pencegahan penularan virus covid-19 tetap dapat dilaksanakan.

Selain belajar membuat hand sanitizer dengan anak-anak, Firli juga berkeliling ke rumah-rumah warga untuk membagikan poster dan beberapa flyer serta bersosialisasi mengenai cara membuat aloe vera hand sanitizer sendiri di rumah. Selain itu, poster pembuatan hand sanitizer di beberapa tempat seperti papan pengumuman Kelurahan Mlipak, papan pengumuman alun-alun Wonosobo dan beberapa warung makan agar warga mengetahui informasi mengenai pembuatan aloe vera hand sanitizer.

 

Nama : Firliyana Desari

Dosen Pembimbing : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto,ST,M.Eng

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0