Hallo, Sobat Wonosobo Muda! Masih galau ingin jadi apa nanti? Nah, Wonosobo Muda kali ini akan kembali menyajikan referensi mengenai profesi yang mungkin sebelumnya nggak kamu kenal. Profesi di zaman sekarang jenisnya semakin beragam, hobi kamu juga bisa menjadi jalan bagi rezeki dan karier kamu. Seperti anak muda Wonosobo yang satu ini, kegemarannya menulis membuatnya begitu mencintai pekerjaannya. Simak wawancara Wonosobo Muda dengannya, ya!

Boleh dijelaskan bidang pekerjaan yang ditekuni sekarang?

“Hai! Nama saya Chandra Nugroho Erlangga dan sekarang saya bekerja sebagai Copywriter di PT Jakmall Digital Niaga atau startup e-commerce Jakmall.com. Tugas inti saya ada 3:

  1. Menulis konten editorial untuk blog perusahaan,

Tiap hari saya harus melakukan riset kira-kira topik apa yang sedang trending di dunia maya, kemudian mengolah kata kunci topik tersebut menjadi sebuah artikel yang memuat informasi berguna untuk pembaca dan perusahaan.

Saya juga harus memastikan bahwa SEO (Search Engine Optimization) tercapai dengan baik untuk setiap artikel yang sudah saya buat, agar mudah ditemukan melalui mesin pencari.

  1. Menulis konten marketing untuk event dan campaign di web perusahaan,

Dalam praktik marketing sebuah e-commerce, seluruh event dan campaign diwujudkan dalam bentuk laman web. Tiap laman web perlu diberikan paragraf deskripsi yang menjelaskan tentang informasi penting event tersebut, yang menggunakan teknik SEO juga agar mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Selain deskripsi, saya juga menulis konten milis yang digunakan untuk mempromosikan event dan campaign kepada seluruh member yang berlangganan mail-list atau newsletter. Kata-kata dalam mail-list harus benar-benar mampu mengajak member untuk membuka e-mail dan klik link yang ada di situ.

  1. Menulis konten penting lainnya seperti halaman bantuan dan pengumuman penting.

Sebuah startup pasti mengalami banyak perubahan signifikan dalam waktu singkat, seperti penambahan fitur maupun kerja sama dengan perusahaan lain. Saya membantu perusahaan menginformasikan hal seperti ini kepada member melalui press release di blog perusahaan.

Selain itu, setiap penambahan fitur baru di web pasti akan dibuat halaman bantuannya untuk mempermudah member mengakses fitur baru.

Di samping 3 tugas utama tersebut, saya juga punya beberapa tugas minor seperti membuat microcopy untuk UI/UX. Intinya saya membantu desainer web untuk menentukan kata-kata singkat yang cocok digunakan di tombol/elemen web agar navigasi pengunjung situs semakin mudah.

Sebagai bagian dari Tim Kreatif, saya juga membantu Tim Marketing untuk memunculkan ide baru mengenai event/campaign marketing yang akan datang.”

Do you love your job?

Absolutely! Saya mencintai pekerjaan ini karena ini adalah bagian dari passion saya—menulis. “

 

Apa alasan di balik terjunnya dalam pekerjaan ini?

“Jadi sebenarnya saya bukan lulusan dari jurusan yang berhubungan dengan copywriting sama sekali. Saya berasal dari jurusan Matematika, nah lho kan kesasar jauh. Namun kecintaan saya menulis mulai tumbuh ketika kuliah beberapa kali menulis paper, dan syukurnya, selalu mendapat apresiasi dari pihak yang terkirimi.

Kalau tidak salah waktu tahun 2014 saya dan 2 teman saya iseng untuk bikin sebuah paper untuk lomba paper di Universitas Indonesia. Tidak disangka tulisan kami menang juara 3. Setahun kemudian sebuah kompetisi menulis kami ikuti lagi, saat itu yang menyelenggarakan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Puji Tuhan, dari ratusan submisi saat itu, paper tim saya berhasil masuk 20 besar paper terbaik dan dibukukan juga.

Selama kuliah saya juga mengabdi kepada universitas sebagai Tutor Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Cukup lama, kalau tidak salah saya mengabdi selama 2,5 tahun. Saya membantu universitas menyelenggarakan kelas tutorial bagi mahasiswa asing dari berbagai negara seperti Tiongkok, Swedia, Thailand, Amerika Serikat, Burundi dan lain sebagainya.

Sebagai tutor, saya diwajibkan mengetahui dasar-dasar PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) dan Bahasa Indonesia. Saya juga dituntut kreatif membuat media belajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan dan berbobot untuk sarana belajar para mahasiswa asing. Tak jarang banyak materi seperti bahan bacaan bahkan lembar kerja dan media pembelajaran yang harus saya buat sendiri.

Dari situ, insting menulis lahir dan semakin lama pengetahuan mengenai kebahasaan jadi terasah. Puncaknya pada Februari 2017, karena tulisan saya lagi, saya menjadi salah satu pemenang di campaign Lenovo Differentology. Akhirnya setelah itu, saya memutuskan untuk pindah haluan dari Matematika ke bidang tulis-menulis.”

Apa asyiknya?

“Asyiknya menjadi copywriter itu sebenarnya adalah karena saya jadi belajar banyak tentang hal yang tidak saya tahu melalui artikel yang saya baca. Kemampuan membaca jadi tajam lagi, bahkan banyak pengetahuan yang tadinya saya tidak tahu jadi tahu. Ya, singkatnya dibayar untuk belajar kan menyenangkan.

Asyiknya lagi kalau setelah menulis lalu beberapa hari kemudian melihat bahwa tulisan saya telah dibaca banyak orang. Rasanya nggak terlukiskan, hingga saat ini rekor tulisan saya sudah dibaca sebelas ribuan orang. Apalagi kalau melihat bahwa tulisan saya bisa membawa transaksi ke perusahaan.”

Tantangan atau kesulitannya apa?

“Tantangan pekerjaan ini bagi saya adalah menentukan topik. Menulis untuk perusahaan berbeda dengan menulis untuk pribadi. Ada topik-topik yang terlalu sensitif untuk dibahas oleh sebuah blog perusahaan—misalnya gosip, berita dan topik seputar perusahaan lain.

Saya harus benar-benar jeli dalam menentukan kata kunci. Tidak semua kata kunci akan trending selamanya. Menemukan kata kunci yang tepat pada waktu yang tepat adalah hal yang sulit dilakukan. Kadang-kadang saya juga telat membuat artikel sehingga performa artikel tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan karena hype-nya sudah lewat.

Bekerja di startup, semua harus ekstra cepat dan teliti. Load kerja akan selalu ada seberapa cepat pun saya melakukan pekerjaan. Manajemen waktu saya sering diuji pada beberapa waktu. Saya harus membuat list pekerjaan harian dan bahkan kalender di sisi laptop saya sudah penuh dengan post-it.

Kuncinya sebenarnya mudah: plan ahead & stick to the plan. Taati rencana yang sudah kamu sepakati dengan dirimu sendiri, karena orang lain akan taat pada rencana mereka sendiri. Tidak ada waktu untuk mengingatkanmu tentang rencanamu.”

Apa skill yang dibutuhkan untuk menekuni pekerjaan tersebut?

“Untuk menjadi copywriter yang handal, pengetahuan utama adalah tentang kebahasaan, baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tata cara penulisan seperti dalam PUEBI maupun grammar yang baik harus dimiliki. Cara menulis yang efektif juga harus dikuasai karena ada beberapa produk copywriting yang panjangnya terbatas (contohnya: microcopy).

Kemudian seni copywriting itu sendiri yaitu teknik menjual melalui kata-kata dan headline. Seni merayu melalui kata-kata harus dikuasai karena tujuan dari copywriting adalah menggerakkan pembaca untuk melakukan aksi yang kita mau (membeli produk, klik link tertentu, atau membaca artikel).

Copywriter juga harus melek teknologi. Saya sendiri sering menggunakan berbagai layanan web seperti Google Trends, Google Analytics, Bit.ly, Google Drive, Google Docs, Word Counter dan Photoscape untuk melakukan pekerjaan saya sehari-hari. Sedangkan untuk menunjang produktivitas, saya menggunakan Google Keep dan Slack. Kalau ingin tahu kegunaannya silakan tanya langsung ke saya, ya.

Oh ya, copywriter juga dituntut kreatif! Kadang dengan space minimum saya harus memaksimumkan impact bagi pembaca. Berbagai nama event yang lucu, catchy dan menyampaikan pesan juga harus melalui proses kreatif seorang copywriter. Kadang kreativitas juga dibutuhkan ketika membuat event/campaign berupa game atau giveaway yang menarik untuk media promosi.

Satu lagi, SEO! Search Engine Optimization membantu tulisan-tulisan mendapat ranking teratas di pencarian Google. Jadi jika seseorang mencari kata kunci tertentu dan artikel bisa masuk di halaman pertama, tentu akan makin banyak orang yang klik dan baca.”

Jika untuk mendapatkan pekerjaan ini harus lulus dari universitas, jurusan apa saja yang bisa dipilih calon mahasiswa jika ingin menekuni profesi serupa?

“Sebenarnya lowongan copywriter di banyak perusahaan tidak mensyaratkan jurusan universitas tertentu (pengalaman sering interview). Seperti pekerja kreatif lainnya, yang akan dilihat perusahaan adalah portofolio atau contoh karyamu. Jadi kalau mau jadi copywriter, nulislah sebanyak-banyaknya! Buat blog pribadi, atau coba nulis untuk forum dan media terkurasi.”

Kalau kalian ngotot mau kuliah di jurusan yang akan memuluskan jalan untuk menjadi copywriter, kalian bisa pilih di antara ke-4 jurusan berikut:

  1. Marcomm/Komunikasi Pemasaran,
  2. Ilmu Komunikasi,
  3. Sastra Indonesia
  4. Sastra Inggris (dan Sastra Asing lainnya)

 

Apa yang didapat dari menekuni pekerjaan tersebut?

“Banyak! Pekerjaan ini melatih kedisiplinan dan tentunya kemampuan menulis jadi makin terasah lagi. Saya juga menambah wawasan mengenai berbagai cara menulis seperti menulis corporate, menulis persuasif, menulis yang efektif, menulis dengan SEO, hingga menulis untuk antarmuka pengguna (UI).

Lingkungan kerja yang transparan membuat saya jadi mudah kepo dengan pekerjaan orang lain. Dari hasil kepo saya jadi tahu tentang proses bisnis perusahaan, pengelolaan tim yang baik, tool-tool canggih yang digunakan untuk mempersingkat waktu pengerjaan dan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan transaksi dan brand awareness. Pengetahuan yang lumayan kalau di masa depan mau membuat startup sendiri.

Oh ya, jangan disangka menjadi copywriter tidak mempunyai masa depan yang mejanjikan loh! Copywriter bisa menjadi Senior Copywriter yang mengawasi dan berperan sebagai editor untuk hasil karya para copywriter. Jika skill kamu makin luas, yang tadinya hanya menulis kemudian ditambah kemampuan killer design taste, pengetahuan periklanan dan marketing, serta IT, bukan mustahil kamu bakal diangkat menjadi Creative Director.

Bidang yang akan ditekuni selanjutnya adalah bidang periklanan, media dan marketing. Untuk pilihan jurusan S2 setelah menempuh karir sebagai copywriter ada banyak juga. Kamu bisa memilih jurusan Business Administration, Advertising, Marketing, Marketing Communication, Communication Science, Media Studies dan masih banyak lagi!

Semangat terus dalam menggali passion. Confucius pernah berkata “Kalau engkau mencintai pekerjaanmu, engkau tak akan perlu bekerja seharipun,” dan mengutip kata-kata Aristoteles “Kesenangan dalam bekerja menghasilkan kesempurnaan pada pekerjaan.”. YOLO, You Only Live Once.

Bagaimana, merasa tercerahkan? Ternyata asyik ya menjadi seorang copywriter. Nah, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu mengenai bidang-bidang pekerjaan dan mengurangi kegalauanmu untuk memilih profesi. Cheers! (Shinta)

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0