Halo guys, pada kesempatan kali ini, kita dapat kesempatan untuk mewawancarai salah satu mahasiswa pasca sarjana  jurusan Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM. Jurusan yang akan kita bahas kali ini sepertinya pas untuk kalian yang jurusan IPS. Kalian pasti pernah dong, dengar jurusan antropologi, sosiologi atau ilmu tentang mengkaji perihal budaya begitu? Nah, untuk kalian yang ingin tahu lebih banyak lagi jurusan ini, berikut kita simak langsung cerita hasil wawancara dengan Kak Unik Dian Cahya.

Boleh dong kak, diceritakan kesibukan kak Unik Dian sekarang?

Sekarang saya kuliah di prodi Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM,tapi sebelumnya saya kuliah di jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Unnes. Jadi, yang akan saya ceritakan adalah pengalaman di Unnes saja ya, karena Pascasarjana saya baru mau memasuki semester 2.

Kak Unik Dian, apa alasan memilih Jurusan Sosiologi dan Antropologi?

Awalnya saya tertarik dengan mata pelajaran apapun yang masih satu rumpun dengan IPS. Namun pada akhirnya saya memilih Sosiologi dan Antropologi karena saya menyukai pelajaran yang diharuskan untuk update tentang berita-berita masa kini. Ini membuat saya merasa tidak ketinggalan zaman, update berita terkini sekaligus bisa belajar. Saya memilih jurusan pendidikan, dan bukan murni karena saya tertarik untuk bisa menjadi pengajar kedepannya, kebetulan semasa SMA saya lebih menyukai kegiatan berbicara di depan umum seperti presentasi di kelas daripada kegiatan yang lebih banyak mengharuskan diam.

Apa saja sih yang dipelajari?

Yang dipelajari tentu saja materi Sosiologi dan Antropologi seperti pada jurusan Sososiologi dan Antropologi murni, namun juga ditambah dengan mata kuliah kependidikan seperti filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, hingga terjun langsung mengajar siswa-siswi SMA pada saat semester tujuh.

Nah, Apa asyiknya kuliah di jurusan ini?

Ada double keasyikan kuliah di jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, yang pertama sering terjun langsung pada masyarakat untuk penelitian sehingga kita bisa tahu kebudayaan masyarakat yang beraneka ragam, misalnya ketika kunjungan kuliah ke Suku Baduy. Berusaha membaur dengan masyarakat yang benar-benar asing sebelumnya merupakan tantangan tersendiri. Kedua, saat kita bisa menerapkan langsung ilmu kependidikan yang telah diperoleh yaitu dengan mengajar siswa-siswi di sebuah SMA. Di sini kita diharuskan menjadi guru ‘betulan’ yang memiliki kewajiban seperti guru lainnya di SMA tersebut. Bertemu dengan murid dari berbagai latar belakang dan harus menyesuaikan dengan segala kondisi tersebut. Kadang ada juga murid yang mau berteman namun tidak jarang ada murid yang sengaja tidak mau diajar oleh guru-guru praktik, sehingga hal ini merupakan pengalaman berharga yang pasti akan berguna ketika nantinya saya menjadi guru yang sesungguhnya.

Apa saja tantangan yang dihadapi?

Ketika masuk di jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi kita harus benar-benar menjaga kesehatan karena akan sering turun di lapangan. Jadi, ketika kesehatan menurun, kita akan kesulitan mengikuti rangkaian kegiatan. Misalnya, ketika harus mengunjungi Suku Baduy, saat itu saya baru saja keluar dari rumah sakit namun tetap harus mengikuti kegiatan dari mulai menuju desa tempat tinggal Suku Baduy menggunakan transportasi truk, hingga tinggal di rumah penduduk dan melakukan pengamatan layaknya antropolog. Begitu juga ketika sedang praktik mengajar di sebuah SMA, maka kita harus benar-benar menjaga kesehatan karena jika pelajaran siswa kosong meskipun satu jam, maka itu akan merugikan para siswa. Kesulitan lain adalah harus bisa memiliki kemampuan berbicara yang baik dan harus mudah bergaul baik ketika sedang penelitian lapangan di masyarakat maupun ketika sedang menjadi guru bagi para murid-murid.

Adakah skill yang harus dimiliki untuk masuk ke jurusan ini?

Menurut saya sih, kemampuan berbicara, bergaul, mengamati, mendengarkan, dan kesabaran ketika sedang praktik mengajar. Kita juga diharuskan membaca banyak buku dan mampu mengupdate informasi terkini untuk mengkaitkan dengan bidang sosiologi dan antropologi yang sedang dipelajari.

Menurut Kak Unik Dian, Mengapa kita perlu mempelajari jurusan ini?

Jurusan sosiologi mempelajari masyarakat dan aktivitasnya. Ini sangat relevan dengan perkembangan zaman yang sangat cepat berubah. Jika ingin memahami masyarakat dalam bidang apapun kita akan membutuhkan Sosiologi sebagai pengantar dalam upaya memahami masyarakat tersebut.

Lalu, untuk peluang karier kedepannya bagaimana kak?

Banyak sih, kebanyakan lulusannya nanti ya menjadi guru Sosiologi atau Antropologi, namun banyak juga yang menjadi peneliti, dosen, maupun di berbagai instansi.

Bagaimana cara masuk kampus atau jurusan tersebut?

Seperti kebanyakan universitas sih, bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri Unnes. Mempersiapkan materi terutama di bidang IPS atau IPC bagi yang jurusannya IPA.

Untuk Beasiswa itu sendiri, apakah Kak Unik Dian mendapatkan beasiswa? Jika Iya, bagaimana prosesnya?

Ya, beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) yang merupakan beasiswa selama satu tahun dan diberikan langsung bagi para mahasiswa. Syaratnya harus aktif dalam minimal sebuah organisasi di kampus, dan memiliki IPK minimal, kalau tidak salah 3.00 (maaf bila salah). Awalnya  saya mengumpulkan berkas-berkas yang dijadikan syarat pengajuan beasiswa, kemudian meminta rekomendasi dari ketua atau pembina organisasi yang diikuti sebagai bukti masih aktif dalam organisasi tersebut. Tidak ada tahap wawancara, bila berkas memenuhi kriteria maka akan lolos.

Pertanyaan terakhir nih kak, adakah saran untuk adik-adik yang berminat di jurusan ini?

Pesannya, banyak membaca, dan harus aktif baik sebelum mulai kuliah maupun ketika sudah mulai kuliah.

Nah, itu tadi sekilas hasil wawancara tim WM dengan kak Unik Dian, semoga dapat menjadi pertimbangan untuk adik-adik sekalian! Berikut kontak untuk menghubungi kak Unik Dian, jika adik-adik hendak bertanya lebih lanjut,

 

 

Line                 : unikdian

Facebook        : Unik Dian Cahya

Instagram        : dianunik

Email               : unikdian@gmail.com

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0