Tulisan ini adalah karya peserta program Kelas Menulis yang diadakan dengan kerja sama dari Wonosobo Muda dan Indika Foundation

Penggunaan media sosial sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan oleh sebagian besar masyarakat saat ini. Media sosial menjadi sarana bagi orang-orang untuk memperoleh hiburan informasi dan berkomunikasi dengan banyak orang secara mudah. Media sosial terus mengalami perkembangan yang pesat dengan bermunculannya berbagai platform yang menawarkan berbagai layanan yang cukup menarik bagi para penggunanya. Perkembangan media sosial memang tidak terlepas dari munculnya sebuah penemuan luar biasa bernama internet yang kemudian mampu merubah peradaban manusia.

Media sosial bertransisi menjadi sarana untuk melakukan interaksi atau komunikasi sosial yang terbuka di masyarakat. Istilah dunia maya yang muncul menjadi gambaran bagaimana media sosial menjadi sebuah sistem lingkungan bagi kegiatan sosialisasi di masyarakat yang tidak lagi memandang batas wilayah tertentu sebagai penghalang untuk berinteraksi. Penggunaan media sosial  di masyarakat juga dapat dipandang sebagai upaya eksistensi seseorang untuk dapat dikenal publik atau citra diri.

Adanya keterbukaan dan kebebasan di media sosial tidak kemudian menjadikan para pengguna bebas melakukan apapun seperti beropini, membagikan informasi tanpa memperhatikan aturan yang secara tidak langsung membatasi pola interaksi dan komunikasi di media sosial. Aturan ini sebagi bentuk etika komunikasi para pengguna agar lebih bijak dalam berselancar di dunia maya. Etika komunikasi ini di landasi oleh moral manusia dan hati nurani.

Menjadi pengguna media sosial yang bijak berarti mampu menjaga etika komunikasi. Melalui media sosial inilah seharusnya menjadi kesempatan untuk menyebar informasi yang positif dan bermaanfaat sekaligus sebagi bentuk partisipasi kita menjadi agen pengendali sosial di dunia maya. Konten-konten positif menjadi kekuatan untuk mempengaruhi orang lain menjadi lebih baik.

Oleh Ahmad Saiful Mujib

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0