Tulisan ini adalah karya peserta program Kelas Menulis yang diadakan atas kerja sama dari Wonosobo Muda dan Indika Foundation.

Dilansir dari okezone.com, 87 % mahasiswa Indonesia salah jurusan. Mencari informasi terkait jurusan yang akan diambil sangat penting, agar calon mahasiswa tidak dijuluki “mahasiswa salah jurusan”. Bagi sebagian calon mahasiswa memilih jurusan merupakan hal yang sulit karena harus disesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Biasanya calon mahasiswa kurang menggali informasi akan cenderung asal-asalnya dalam memilih jurusan.

Terkadang calon mahasiswa hanya memilih jurusan yang dianggap jelas prospek kerjanya seperti sekolah kedinasan yang setelah lulus langsung bekerja. Jurusan-jurusan ilmu eksakta (ilmu pasti) kadang tersingkirkan dengan stigma-stigma menjatuhkan seperti lulusan eksakta yang tidak menjamin. Stigma tersebut muncul karena kurangnya informasi yang diterima calon mahasiswa maupun orang tua. Seperti program studi matematika, masih banyak yang memandang sebelah mata tentang program studi ini. Seperti dianggap tidak mempunyai prospek kerja yang jelas, alih-alih mendapat pekerjaan yang bagus paling hanya menjadi tenaga pendidik atau dosen.

Banyak profesi yang dapat menjamin kehidupan lulusan matematika saat ini, di antaranya yaitu data scientist, aktuaris, peneliti, akuntan insinyur, ahli estimasi biaya, pengusaha dan sebagainya. Lulusan jurusan matematika dapat bekerja di manapun, seperti yang diketahui bahwa ilmu matematika merupakan dasar dari semua ilmu. Dari beberapa pekerjaan tersebut, aktuaris merupakan profesi yang banyak dicari dan menjanjikan gaji tinggi. Dikutip dari idntimes.com 11/04/2018, diawal karir seorang aktuaris akan menerima gaji pada kisaran Rp. 4-7 juta. Semakin tinggi tingkat sertifikasi, gaji seorang aktuaris akan semakin tinggi.

Sebelum memilih jurusan sangat disarankan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait jurusan tersebut. Salah satu yang menjanjikan adalah jurusan matematika. Belum banyak orang yang tahu bahwa lulusan  matematika akan sangat menjanjikan dimasa yang akan datang.

 

Oleh Dwitama Alphin

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0