Multitasking – ilustrasi diambil dari http://pinetribe.com/the-inefficiency-of-multitasking/

Apa kabar teman? Semoga kabar teman-teman sangat luar biasa. Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips kuliah sambil kerja. Kebetulan saya sudah melakukan ini selama kurang lebih 3 tahun. Bagaimana cara saya bertahan selama 3 tahun  melakukan kuliah dan kerja secara bersamaan dengan sukses? Berikut ini tipsnya :

  1. Mantapkan Niat

Yang pertama adalah memantapkan niat kalian. Saya awalnya adalah lulusan SMK yang putus asa karena tidak bisa melanjutkan kuliah. Tetapi setelah merasakan susahnya mencari kerja di kampung, saya mencoba untuk mengadu nasib di kota lain. Yang paling pertama saya lakukan adalah mengumpulkan niat. Ketika itu, saya resapi betul niat “saya ingin kuliah sambil bekerja”. Meskipun banyak orang mengadu nasib ke kota besar dengan niat hanya untuk bekerja, mulai sekarang tanamkan bahwa kita ke kota orang untuk kerja dan kuliah.

Memang awalnya susah, akan tetapi seiring berjalannya waktu, dengan niat yang sangat kuat akhirnya saya bisa mencapai cita-cita tersebut. Awalnya memang saya mencari kerja terlebih dahulu, baru saya melakukan survey ke kampus-kampus yang memungkinkan saya untuk bisa bekerja dan kuliah. Misalnya mencari kampus yang menyelenggarakan kuliah pada jam malam. Usahakan jangan mengambil kuliah saat libur. Karena waktu libur bisa kita gunakan untuk beristirahat, agar tidak terlalu penat dengan kegiatan selama satu pekan.

  1. Konsistensi

Ya! Konsistensi sangatlah penting untuk menyukseskan dua kegiatan yang akan memakan waktu cukup lama ini. Kita harus konsisten dalam menjalankan pekerjaan kita, dan kita harus konsisten untuk belajar tiap malam. Walaupun risikonya adalah harus pulang malam tiap hari. Percayalah bahwa konsistensi ini bisa membuat kita tetap semangat dalam menjalankan pekerjaan kita dan kuliah kita.

  1. Menikmati Proses

Menikmati proses. Ini adalah salah satu faktor yang membuat teman-teman saya gagal dalam menjalankan misinya untuk bisa jadi pekerja dan mahasiswa dalam satu waktu. Cobalah paksakan diri terlebih dahulu untuk menikmati proses yang sangat berat ini. Percayalah bahwa kalau kita sudah terbiasa untuk menikmati, maka semua akan terasa ringan dan bahkan bisa menuju level membahagiakan.

  1. Aktif

Salah satu pengalaman teman saya yaitu dia bisa melakukan beberapa kegiatan dalam satu waktu yaitu mengurus keluarga, bekerja, kuliah, dan berorganisasi. Sedangkan yang saya lakukan adalah bekerja, kuliah, berorganisasi dan mengikuti beberapa kegiatan komunitas. Awalnya memang sangat susah mengatur waktu, setelah berjalan beberapa bulan, ternyata kegiatan ini sangat menyenangkan bagi saya pribadi. Dengan aktif mengikuti berbagai macam kegiatan maka akan mengurangi rasa kebosanan saat sedang jenuh dengan pekerjaan ataupun kuliah.

  1. Liburan

Ini adalah salah satu yang wajib kalian lakukan, yaitu berlibur atau refreshing. Salah satu saran dari saya di atas adalah mengambil kuliah malam bukan di hari libur, karena hari libur bisa kita manfaatkan untuk istirahat total atau untuk pergi jalan-jalan, berkumpul dengan keluarga dan atau bertemu dengan kawan lama.

Semoga dengan membaca tips di atas, kita akan lebih giat dan semangat lagi dalam menjalankan seluruh aktifitas kita yang sekarang, terutama bagi yang menjalankan kewajiban bekerja dan harus segera menyelesaikan kuliahnya. Terakhir, selalu ingat bahwa segala sesuatu adalah mungkin, asal kita memiliki niat yang kuat untuk mewujudkannya .

Berdasarkan kisah nyata: Munif

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0