Musim hujan biasanya identik dengan daya tahan tubuh yang menurun, sehingga tubuh menjadi rentan terserang berbagai penyakit.Utamanya di musim hujan ini, banyak orang mengeluhkan datangnya berbagai penyakit seperti flu, batuk, hidung tersumbat, sakit kepala, hingga masuk angin. Meskipun kedengarannya sepele, tetapi penyakit tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas kita bila dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, sebaiknya kita tahu berbagai cara untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit di musim ini. Namun sebelumnya kita perlu mengetahui apa bahaya air hujan dan mengapa kita mudah sakit bila kehujanan.

Mengapa kita lebih mudah sakit di musim hujan?

Tidak selamanya kita bisa memprediksi kapan hujan akan turun. Akibatnya, sering kita kehujanan dan tak jarang jatuh sakit karenanya. Flu, sakit kepala, dan meriang biasanya kita alami setelah kehujanan. Penyakit tersebut diantaranya disebabkan oleh paparan suhu dingin yang mendadak mengenai tubuh kita sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah (health.detik.com). Seperti dilansir dari halosehat.com, penyempitan pembuluh darah utamanya terjadi di bagian hidung dan tenggorokan, sehingga orang cenderung sakit batuk dan hidung tersumbat setelah kehujanan. Selain itu, kita juga sering mengalami sakit kepala setelah kehujanan. Hal ini dapat dijelaskan karena, sebagai organ teratas pertama yang mengalami kontak dengan air hujan, kepala mengalami perubahan suhu tubuh yang drastis. Hal inilah yang membuat kepala mengalami sakit dan pening setelah terkena air hujan. Namun, tidak hanya hujan deras yang perlu kita waspadai di musim hujan ini, tetapi juga gerimis yang lebih sering kita hiraukan. Seperti yang kita tahu, air hujan mengandung gas dan senyawa yang bersifat asam. Pada hujan rintik-rintik atau gerimis, konsentrasi asam dari gas dan senyawa tersebut lebih besar, sehingga kemungkinan terserang penyakit akibat gerimis juga akan lebih besar.

Berikutnya, kita akan bahas 5 cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit di musim hujan ini

Gunakan pakaian hangat dan pelindung tubuh lainnya

Seperti dipaparkan sebelumnya, suhu yang dingin membuat daya tahan tubuh menurun sehingga lebih mudah sakit. Oleh karenanya, selalu gunakan pakaian tebal dan hangat seperti jaket dan sweater untuk melindungi tubuh dari kedinginan. Jika terpaksa harus menerjang hujan, ingat untuk selalu sedia payung, jas hujan, atau pelindung tubuh lainnya untuk menghindarkan tubuh kita melakukan kontak langsung dengan air hujan. Kemudian, bersihkan tubuh secara menyeluruh dan hangatkan badan setibanya di rumah.

Bagaimana jika terlanjur kehujanan?

Air hujan tidak selalu bersih karena mengandung partikel dan polutan berbahaya. Seperti dilansir dari tribunnews.com, berbagai studi menemukan bahwa air hujan telah terkontaminasi oleh zat kimia, spora bakteri dan jamur, debris (kotoran dari makhluk hidup yang mengalami pembusukan), dan polutan kimia. Bahkan, dalam penelitian yang dilakukan oleh Evans CA, dkk ditemukan bahwa rata-rata kuman yang terdapat dalam air hujan berjumlah 1.362 bakteri per sampel hujan yang ditelitinya. Dari hasil penelitian tersebut, kita menjadi tahu bahwa meskipun terlihat jernih, ternyata air hujan mengandung polusi, bakteri, dan berbagai resiko penyakit yang dapat merugikan tubuh kita. Oleh karena itu, bila terlanjur kehujanan, segera mandi dan keramas untuk membersihkan tubuh dan kepala dari senyawa jahat yang menempel pada kulit dan rambut kita. Jangan lupa untuk ganti dengan pakaian bersih dan tebal untuk membuat tubuh menjadi hangat dan menghindarkan kita dari penyakit kulit.

Jaga asupan makanan dan cukupi kebutuhan cairan tubuh

Kebutuhan nutrisi saat kondisi tubuh menurun di musim hujan seperti ini harus tetap diperhatikan. Usahakan untuk selalu menjaga asupan makanan dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di musim hujan biasanya orang cenderung mempunyai nafsu makan yang lebih besar karena udara yang dingin. Namun, perlu diperhatikan untuk tetap mengatur porsi makan agar tubuh tidak kelebihan makanan dan berakibat kegemukan. Selain makanan, kebutuhan cairan tubuh juga harus tetap dijaga meskipun di musim hujan orang cenderung malas minum. Padahal, pasokan air yang cukup di dalam tubuh dapat menambah daya tahan tubuh. Jadi, pastikan tetap mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Ada baiknya untuk mengkonsumsi minuman yang hangat untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat walaupun udara dingin. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran untuk meningkatkan stamina tubuh.

Istirahat cukup dan berolahraga

Tidur cukup dan teratur dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat, karena dapat memulihkan stamina setelah seharian berakitivitas. Oleh karenanya, pastikan untuk memiliki waktu tidur yang cukup dan hindari kebiasaan begadang. Selain tidur cukup, olahraga juga berperan penting dalam menjaga stamina tubuh. Jadi, usahakan tetap menyisihkan waktu untuk berolahraga. Hujan bukanlah alasan untuk tidak berolahraga karena kita masih dapat melakukan olahraga ringan di dalam ruangan seperti push up dan sit up untuk meregangkan otot.

Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Kuman dan bakteri berkembangbiak lebih pesat di musim hujan karena kelembaban yang tinggi. Oleh karenanya, selalu bersihkan tangan dengan sabun antiseptik setiap selesai beraktivitas, menyentuh barang, dan setelah menggunakan toilet. Hal ini karena tangan merupakan media paling umum masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh (bidanku.com). Selain kebersihan diri, kebersihan lingkungan sekitar sama pentingnya untuk dijaga. Seperti yang kita tahu, di musim hujan ini banyak genangan air yang dapat menjadi sarang bagi nyamuk untuk berkembang biak sehingga kepadatan nyamuk menjadi lebih tinggi dan semakin ganas menyerang kita. Di lain sisi, suhu yang dingin di musim hujan membuat daya tahan tubuh menurun. Oleh karenanya, pastikan untuk menjaga lingkungan dan makanan yang kita konsumsi tetap bersih, menutup genangan air, dan membasmi jentik-jentik nyamuk.

Selamat beraktivitas teman-teman, semoga tetap fit selama musim hujan dengan mengikuti tips di atas yaaa.

 

Oleh: Astika Yunita Sari

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0