Beberapa waktu ini, penyakit demam berdarah mulai mewabah lagi di berbagai daerah di Indonesia. Pengetahuan yang lebih jauh tentang penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang berkembang di daerah tropis ini sudah semestinya dimiliki untuk pencegahan dini dan meminimalisir penurunan kondisi penderitanya.

Apa itu penyakit DBD?

Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang luar biasa, seolah-olah terasa sakit hingga ke tulang. DBD disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Diperkirakan bahwa ada seratus juta kasus demam berdarah yang terjadi pada tiap tahunnya di seluruh dunia. Sebagian diantaranya mewabah secara tiba-tiba dan menjangkiti ribuan orang dalam waktu singkat.Demam berdarahdengue merupakan penyakit yang tersebar di seluruh dunia terutama di daerah tropis.

Apa sih penyebab Demam Berdarah Dengue?

Penyebab penyakit demam berdarah dengue masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegyptibetina dewasa. Nyamuk Aedes Aegypti betina membutuhkan darah manusia atau hewan agar mampu bertahan hidup dan berkembang biak.

Manusia yang tinggal di sekitar tempat nyamuk Aedes Aegypti bersarang akan mudah terinfeksi virus dengue. Orang dewasa yang terinfeksi mungkin akan terkena penyakit demam berdarah dengue ringan atau berat, tergantung daya tahan tubuhnya. Virus dengue tidak bisa berkembang biak apabila daya tahan tubuh manusia cukup kuat.

Seperti Apa Ciri-ciri Nyamuk Aedes Aegypti?

  • Terlihat bintik putih pada seluruh tubuhnya
  • Berkembang biak di air bersih (kolam di kamar mandi dll)
  • Nyamuk ini bekerja pada siang hari
  • Kalau menggigit ekornya tidak terlihat menungging

Apa saja tanda Gejala Demam Berdarah Dengue?

Petanda yang penting untuk mengenali penyakit DBD yaitu munculnya demam dan perdarahan, lalu tanda apa saja yang patut diwaspadai pada seorang penderita Demam Berdarah?

  • Demam

Penyakit infeksi menunjukkan gejala demam. Khas pada DBD adalah gejala demam tinggi lebih dari 38.50C, berlangsung 2-7 hari, tipe demam menyerupai punggung pelana kuda Saddleback fever atau demam menyerupai punggung pelana kuda yaitu demam mereda selama sehari dan kemudian kembali. Demam ini terjadi kadang-kadang dan lebih sering pada anak-anak .

  • Perdarahan

Pertanda penting yang lain adalah perdarahan  mulai dari yang sangat ringan dan baru positif bila dilakukan tes rumple leed atau uji bendungan, bintik-bintik kecil kemarahan pada kulit, biru-biru bekas tusukan jarum, mimisan, gusi berdarah, sampai perdarahan yang terlihat dan berat seperti muntah darah dan berak darah

  • Gejala Lain

Gejala penyerta lain adalah nyeri kepala, pusing, kelemahan umum, rasa mual, muntah, nyeri otot dan sendi , kulit lembab, anggota gerak dingin dan berkeringat, serta mengantuk atau gelisah

Bagaimana Proses Masuknya Virus Dengue Ke Tubuh Manusia?

Virus dengue merupakan mikroorganisme yang hanya dapat berkembang biak di dalam sel hidup. Jika virus ini masuk ke dalam tubuh manusia, maka virus ini akan bersaing dengan sel tubuh manusia untuk mendapatkan protein. Bila daya tahan tubuh manusia yang terinfeksi virus dengue kurang baik, maka sel tubuhnya akan kalah dengan virusdengue tersebut.

Virus dengue akan merusak dan memakan sel-sel tubuh manusia sehingga fungsi tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Apabila daya tahan tubuh manusia membaik, maka ia akan sembuh dan tubuhnya memproduksi kekebalan terhadap virus dengue.

Seperti umumnya penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, penderita umumnya akan sembuh sendiri, tergantung pada daya tahan tubuhnya. Namun, gejala-gejala yang timbul akibat ulah virus dengue ini perlu diwaspadai. Jika tidak tertangani dengan baik, maka gejala-gejala ini lah yang bisa mengarah pada kematian penderita.

Apabila daya tahan tubuh rendah, misalnya seperti pada anak-anak, penyakit demam berdarah dengue ini dapat menjadi penyakit yang sangat serius dan dapat mematikan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengobatan penyakit demam berdarah dengue yang tepat.

Bagaimana Penanganannya?

  • Minum banyak air putih yang diperlukan tubuh guna menghindari terjadinya dehidrasi akibat gejala muntah dan demam yang tinggi
  • Kompres memakai air dingin di dahi, ketiak atau leher agar panasnya turun
  • Memberikan obat penurun panas
  • Jika dalam waktu 3 hari demam tidak turun, tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondisi bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus segera dibawa ke rumah sakit atau puskesmas untuk penanganan lebih lanjut

 

Yuk Galakkan 3M Plus!

Kegiatan pencegahan penyakit demam berdarah dengue tidak hanya melibatkan sektor kesehatan saja, melainkan semua pihak termasuk masyarakat juga harus peduli. Berantas jentik dan hindari gigitan nyamuk demam berdarah dengan cara 3M Plus ,yaitu:

  • Menguras tempat-tempat penampungan air (bak mandi/WC, tempayan, ember , vas bunga , dsb) seminggu sekali.
  • Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong dan drum.
  • Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, botol, plastik dan tempurung kelapa.
  • Menaburkan bubuk abate atau altosid 2-3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau tempat sulit air.
  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
  • Cegah gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat repelant, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi dsb.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua untuk mencegah penyebaran penyakit DBD lebih lanjut yaa.

Oleh: Silvina Ratri Arumhandini

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0