source : www.wisatadieng.com

Carica atau yang biasa dibilang pepaya gunung ini bentuknya sama seperti pepaya pada umumnya akan tetapi dengan bentuk yang super mini atau kecil. Carica memiliki biji yang sama pula dengan pepaya pada umunya, akan tetapi carica tidak bisa dimakan begitu saja seperti pepaya yang sudah matang. Untuk menikmati carica ini harus melewati proses untuk dijadikan manisan.

Carica di Wonosobo tumbuh dan berkembang hanya di dataran tinggi Dieng. Sehingga menjadikan buah ini sangat spesial. Karena carica tidak bisa hidup di dataran rendah. Carica di Wonosobo sangatlah terkenal dan sangat mudah untuk mendapatkan buah yang satu ini.

Pada kesempatan ini, penulis mau berbagi resep untuk membuat manisan carica. Pembuatan manisan ini sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Berikut ini adalah resep yang bisa sahabat WM tiru.

Bahan :

  • Carica
  • Gula
  • Air
  • Garam
  • Kapur sirih

Cara membuat

  1. Kupas buah carica dan ambil bijinya kemudian di potong sesuai selera
  2. Peras biji carica untuk mendapatkan sari dari biji, karena biji carica inilah yang membuat manisan carica memiliki aroma yang khas
  3. Rendam buah carica ke dalam kapur sirih +/- 3 menit, jangan terlalu lama. Karena jika terlalu lama bisa membuat buah menjadi keras. Perendaman pada kapur sirih ini akan membuat kenyal buah carica
  4. Rebus air beserta gula dan tunggu sampai mendidih, jika sudah mendidih masukkan buah carica yang sudah di cuci dari rendaman kapur sirih dan tunggu sampai matang
  5. Dinginkan / masukkan ke kulkas dan siap diminun

Di Wonosobo sendiri tidak membutuhkan kulkas untuk menidinginkan manisan carica. Cukup didiamkan saja pada suhu ruangan. Karena suhu di Wonosobo sendiri sudah sangat dingin.

Manisan carica bisa kalian nikmati saat panas di siang hari. Jika ada yang tidak ingin repot membuat bisa langsung beli di toko oleh-oleh khas Wonosobo.

Selamat mencoba kawan muda 😀

(Munif)

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0