Alam dan budaya merupakan warisan Tuhan yang bisa dinikmati keindahannya, dirasakan kesejukannya, dijaga kelestariannya, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat sekitar dan dunia.

Wonosobo menyimpan  banyak potensi pariwisata, yang keindahannya tak hanya terekam oleh mata tapi bisa dirasakan oleh hati dan jiwa. Salah satunya adalah alam pegunungan yang mengelilingi Wonosobo dengan pesonanya tak habis dijelajahi. Setelah munculnya pesona kawasan Sikunir dan Prau, muncullah beberapa spot wisata baru yang kini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat.

Pemerintah Wonosobo tak tinggal diam dengan menjamurnya beberapa potensi desa wisata, terutama yang terletak di kawasan yang masih sulit dijangkau. Pada tanggal 28-29 Desember 2016, pemerintah khususnya Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, mengadakan acara Donor Camping yang mengumpulkan pebisnis, pemerintah desa yang menjadi target pengembangan, serta beberapa komunitas di Wonosobo (salah satunya Wonosobo Muda). Acara tersebut bertujuan mengenalkan tiga desa yang akan dikembangkan menjadi Desa Wisata Lestari mulai tahun depan. Desa Wisata Lestari sendiri merupakan program Pemda untuk membina beberapa desa yang mempunyai potensi wisata untuk dikembangkan, dilihat dari alam, budaya dan sumber daya manusia setempat. Tiga desa yang terpilih tersebut adalah Tlogo (Garung), Mergolangu (Kalibawang), dan Kumejing (Wadaslintang). Desa-desa itu dipilih berdasarkan beberapa kriteria, salah satunya adalah antusiasme masyarakat dalam mengembangkan potensi desanya.
IMG_20161231_101527[1]

Tiga desa wisata tersebut dipilih oleh pemerintah untuk didampingi agar bisa menjadi destinasi unggulan wisata untuk masyarakat Wonosobo dan Indonesia. Pendampingan dilakukan agar pengembangannya bisa berorientasi jangka panjang, memiliki visi dan misi yang jelas, serta bisa benar-benar menonjolkan potensi wisata desa dan mengutamakan prinsip untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan sehingga tidak merusak alam. Pengembangan tersebut juga dibantu oleh beberapa mahasiswa UGM jurusan planologi dan arsitekur, khususnya rancangan lokasi dan desain bangunan. Masing-masing desa dibuatkan tiga macam desain ruang yang tentunya mempertimbangkan aspek lingkungan.

Seperti apa sih profil desa-desa itu? Yuk cari tahu!

  1. Tlogo – Ngreksani Bumi, Ngajeni Banyu

Telaga Menjer View from Bukit Seroja

Desa Tlogo berada di Kecamatan Garung, tepatnya di dekat Telaga Menjer. Desa yang mempunyai penduduk sekitar 2,000 jiwa ini mempunyai potensi wisata berupa Puncak Seroja, Alam Seroja dan Telaga Menjer. Selama menuju ke Alam dan Puncak Seroja kita akan disuguhi pemandangan hijau kebun teh dan penampakan telaga dari atas.

Puncak Seroja mempunyai ketinggian sekitar 2,366 mdpl. Di sana pengunjung bisa melihat sunrise, Telaga Menjer, dan Gunung Sindoro Sumbing. Waktu tempuh menuju ke sana sekitar 2.5 – 4 jam. Lain lagi dengan Alam Seroja, di mana pengunjung tidak perlu naik-naik ke puncak gunung terlalu tinggi. Alam Seroja ke depannya akan dijadikan area outbond, bumi perkemahan, dan lokasi kegiatan rekreasi alam lainnya.

Tlogo, selain mempunyai kemudahan akses, juga sudah mempunyai kelembagaan yang jelas, terbukti dengan semangat yang dimiliki perangkat desa setempat dalam mengembangkan potensinya.

  1. Mergolangu – Segering Nyawa, Tentreming Ati

Jembatan Selfie Spot di MergolanguDesa ini berada di Kecamatan Kalibawang, berbatasan langsung dengan Purworejo dan Kebumen. Desa dengan jumlah penduduk sekitar 2,200 jiwa ini sangat antusias untuk mengembangkan destinasi wisata baru. Terbukti dengan kesediaan lebih dari seribu warganya untuk ambil bagian dalam membuka akses ke primadona wisata setempat yaitu Gunung Lanang. Jalan menuju ke Gunung Lanang menyuguhkan pemandangan hijau dan Waduk Wadaslintang dari kejauhan.

Desa Mergolangu terbilang masih sulit untuk diakses karena jalan menuju kesana masih rusak, ditambah kontur jalannya yang naik turun dan berbelok-belok. Untuk menuju ke sana, dari Wonosobo bisa melewati desa Balekambang lalu ke Dusun Depok Kalibawang, lalu dilanjutkan melewati jalan yang cukup terjal menggunakan motor atau angkutan khusus.

Desa ini unggul dalam produksi gula aren dan singkong. Makanan khasnya adalah Soto Batok, soto khas dengan penyajian di mangkok yang terbuat dari batok kelapa, disajikan bersama dengan olahan singkong yang biasa disebut puyur atau depok.

Soto Bathok Khas Mergolangu

  1. Kumejing – Kumajeng Kondhang, Hayuning Rekso
sumber : www.harianwonosobo.com
sumber : www.harianwonosobo.com

Desa ini termasuk desa unik, untuk mengaksesnya kita perlu menyeberangi waduk menggunakan perahu. Walaupun aksesnya tergolong sulit, perangkat desa tetap bersemangat mengembangkan potensi wisatanya. Desa yang berpenduduk lebih dari 2,400 jiwa ini mempunyai visi-misi yang kuat untuk memanfaatkan apa yang ada di sana menjadi destinasi wisata unggulan.

Kumejing menggagas 3 spot utama lokasi wisata, yaitu Dermaga Kumejing, Pekarangan Rumah dan Panggung Surudan. Dermaga Kumejing merupakan akses utama menuju desa di mana pengunjung akan disuguhi pemandangan waduk dan bukit Indrakila. Pekarangan Rumah akan menyuguhkan pemandangan perumahan asri yang ditanami dengan pohon kelapa beserta tanaman hidroponik. Sedangkan Panggung Surudan, menawarkan wisata tepi danau yang menyajikan atraksi panggung, kuliner, dan homestay. Panggung juga dilengkapi dengan air mancur apung di siang hari yang dapat menyajikan atraksi air mancur menari di malam hari. Selain itu, Kumejing juga ditargetkan menjadi desa edukatif, sehat dan hijau.

Kegiatan Donor Camping ini menjadi semacam jembatan untuk menggali potensi setiap desa, menjaga kelestariannya, sekaligus memberdayakan warga agar mandiri secara ekonomi. Harapannya para peserta dari berbagai instansi kedepannya dapat turut serta membangun potensi yang ada sehingga dapat dinikmati bersama oleh seluruh masyarakat.

Gimana, gak sabar pengen segera melihat rencana-rencana desa tersebut ter-realisasi? Semoga benar-benar menjadi lumbung kebaikan, dan bisa memperkenalkan Wonosobo ke kancah nasional dan internasional.

(Oleh Khafidlotun Muslikhah, Narasumber : Aldhiana Kusumawati)

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0