Hay kawan Muda dimanapun kalian berada. Masih bingung pilih pekerjaan apa setelah lulus? Tidak perlu bingung dan galau. Kali ini Wonosobo Muda berkesempatan meliput salah satu pekerjaan yang banyak diidamkan dan dicari oleh kalangan muda. Apa itu? Lady Sky . Yap. Pramugari. Lekat dengan penampilan oke, bisa jalan-jalan ke luar negeri gratis dan mempunyai pendapatan yang meggiurkan menjadi alasan seseorang ingin menggeluti pekerjaan ini . Kawan Muda yuk ikuti cerita yang satu ini! Siapa tahu ada yang berniat menjadi the next flight attendant!

Wonosobo Muda kali ini berbagi cerita dengan pramugari asal Wonosobo. Dara muda yang berasal dari Brokoh Pancurwening ini bernama Destyana Ekasari. Ia lahir pada 8 Desember 1990. Ia sekarang berdomisili di Jakarta Timur.

pramugari

Hay kak. Boleh dong dijelaskan bidang pekerjaan yang ditekuni sekarang?

Aku bekerja dibidang penerbangan, yaitu pramugari. Aku udah hampir 7 tahun jadi pramugari dan 3 tahun di maskapai komersial di Republic of Yemen, karena di sana terjadi perang, terus aku pulang ke Indonesia dan sampai sekarang aku di penerbangan charter yang berpusat di Bandara Halim Perdanakusuma.”

Do you love your job?

Kak Desyana sangat menyukai pekerjaannya. Menjadi pramugari adalah mimpinya sejak masih kecil. Ia menjalani rutinitasnya menjadi pramugari yaitu bangun tidur kemudian dandan sebelum ke airport untuk penerbangan ke kota yang berbeda-beda. Di sela kesibukannya, ia menyempatkan diri untuk jalan-jalan. Ia juga sempatkan waktu untuk beristirahat untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Apa alasan terjun ke dalam pekerjaan ini?

Alasan ia bekerja menjadi pramugari berawal dari sang ibu. Ibu Kak Desyana, seorang guru di SD 9 Wonosobo yang bernama Bu Disih pernah membacakan dongeng sebelum tidur dulu sebelum masuk TK “Aku sering dibacain cerita dongeng sama ibuku, waktu itu ibuku menceritakan tentang Cinderella, kemudian mendadak cita-cita aku pengen jadi Cinderella, then my mom told me Cinderella wasn’t real, Kemudian di malam berikutnya beliau bercerita tentang pramugari yang terbang keliling dunia, and since then i was obsessed to become Flight Attendant

Apa sih asyiknya jadi pramugari?

Asik banget. Kita bisa ketemu sama banyak orang dari suku dan budaya yang berbeda dan belajar banyak hal mulai budaya mereka sampai sudut pandang mereka.Hal yang paling seru saat kita explore tujuan wisata dan kuliner. Istilahnya, jalan-jalan dan kuliner wisata gratis.

Adakah tantangan atau kesulitan? Bagaimana mengatasi kesulitan atau tantangan itu?

Buat jadi pramugari itu susah-susah gampang. Kita harus tau dulu kita mau kerja di maskapai mana, setelah kita tau kita mau daftar di maskapai tersebut, kita harus masukin lamaran pekerjaan, ikut proses rekruitmen yang cenderung susah. Selama rekruitment kita menjalani 4-5 interview dengan pihak maskapai tersebut. Kita ditanya mulai dari pertanyaan tentang diri sendiri sampai pertanyaan tentang wawasan dan pengetahuan umum baik di lingkungan aviasi ataupun lainnya. Kadang-kadang kita dituntut untuk menjawab dengan bahasa inggris atau bahasa asing yang dikuasai. Setelah sesi interview selesai, dilanjutkan dengan Tes Kesehatan dan Psycho Test. Dan itupun tidak ada jaminan langsung lolos dan diterima dimaskapai tersebut. Gagal diterima di maskapai favorit? Pernah banget aku alamin! Bukan cuman sekali dua kali, tapi emang sering . Disinilah yang aku rasain susahnya jadi pramugari, harus ngalamin proses yang nggak gampang. Tapi dengan terus berusaha, nggak patah harapan, tetap optimis dan yang paling penting doa orang tua dan berdoa kepada Tuhan, alhamdulillah keinginan menjadi pramugari tercapai.

 

Apa skill yang dibutuhkan untuk menekuni pekerjaan tersebut?

Skill utama yaitu communication skill, penguasaan bahasa asing dan wawasan luas.

 

Untuk menjadi pramugari bagaimana caranya Kak?

Bila kalian ingin menjadi pramugari, setelah lulus dari SMA bisa melanjutkan ke sekolah pramugari atau bisa juga setelah lulus S1 mendaftar jadi pramugari.

Setelah lulus dari SMA 1 Wonosobo , aku masuk ke sekolah pramugari Pendidikan Pramugara Pramugari Nusantara (P3N) di Yogyakarta selama 1 tahun, tapi belum genap 1 tahun sudah diterima di maskapai Yemenia Airways. Di sekolah pramugari belajar tentang Communication Skills, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Grooming, Gym Class, Pengetahuan Umum dan Pengenalan tentang dunia aviasi. Well, tapi kalo lulusan S1 sih emang lebih preferable.”

 

Apa yang didapat dari menekuni pekerjaan tersebut?

Kak Desya mengaku mendapat banyak pengalaman, bertemu dengan orang baru yang membuat kita melihat dari sudut pandang yang baru juga. Menjadi pramugari juga mendapat keuntungan khusus seperti keliling dunia gratis dan  mendapat gaji yang lumayan.

 

Nah, itu hasil sharing dengan Kak Desyana tentang pramugari. Adakah nanti yang melanjutkan jejaknya menjadi pramugari?Jika tertarik persiapkan diri dari sekarang ya. Semoga bermanfaat!

(Silvina Ratri Arumhandini)

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0