Halo sahabat Wonosobo yang kece!

Gimana nih persiapannya untuk karir kalau sudah besar nanti? Apa masih bingung, mau jadi apa nantinya?

Jangan bingung jangan pusing, tim redaksi Wonosobo Muda akan berbagi macam-macam profesi yang bisa temen-temen semua lihat dan dijadikan sebagai penambah wawasan. Kali ini kami akan membahas tentang  Hospitality Industry, terutama di bidang kapal pesiar. Berikut adalah hasil wawancara kami dengan salah seorang crew kapal pesiar Superstar Virgo, milik perusahaan Star Cruise. Namanya Saptono, biasanya dipanggil Tono. Bagaimana sih cerita Tono dengan pekerjaannya ini? Yuk simak cerita lengkapnya.

job-career-kru-kapal

Hai Tono, boleh ceritakan tentang pekerjaan kamu saat ini di kapal pesiar Superstar Virgo?

“Kerjaku emang di kapal pesiar, tapi bukan jadi nahkoda. Di kapal pesiar ini, aku bekerja sebagai bagian dari Housekeeping Department. Secara lebih spesifik, aku bekerja di bidang Laundry. Sebenernya tidak jauh beda dengan Laundry pada umumnya. Tugasku di sini menyortir pakaian-pakaian, handuk dan sejenisnya.” Jelas Tono.

Jika teman-teman pernah memperhatikan kegiatan laundry pada umumnya, temen-temen pasti bisa membayangkan bagaimana tugas Tono. Yang membedakan tugas Tono dengan tugas laundry pada umumnya adalah  jumlah pakaian yang harus dicuci jauh lebih banyak, serta harus lebih diperhatikan mulai dari warna pakaian dan bahan apa yang harus dipakai untuk membersihkanya. Selain itu, jumlah mesin yang harus dioperasikan juga lebih besar dan banyak.

Kayaknya berat banget ya kerjanya? Tapi coba kita lihat dulu apa sih suka duka dari bekerja di kapal pesiar?

“Wow, jangan ditanya lagi tentang sukanya kerja di kapal itu apa, yang pasti kita bisa keliling dunia gratis. Ibarat kata kita kerja sambil piknik. Di sini, kita juga bisa bertemu dan belajar macam-macam budaya dan karakter dari temen-teman baru dari berbagai negara. Selain itu kita bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh pihak kapal, seperti pengobatan gratis, kamar tidur, makan sepuasnya saat istirahat, dan mencoba beberapa tempat refreshing yang ada di atas kapal.” Terang Tono.

Disamping kesenangan berkeliling dunia, Tono juga menerangkan dukanya bekerja di kapal pesiar. Salah satu bagian yang membuat Tono tidak menikmatiya adalah saat-saat home sick atau kangen rumah melanda. Jauh dari sanak saudara membuat rasa kangen seringkali terasa tidak tertahankan.

“Untungnya teknologi saat ini sudah canggih, paling tidak bisalah kangen ini terobati dengan menghubungi sanak saudara dirumah.” Tuturnya.

Lalu apakah ada tantangannya?

“Tantangannya bisa dibilang lebih ke alam. Karena bekerja di kapal pesiar, kita setiap harinya berada di lautan, Keadaan laut yang kadang tidak ramah tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami.”

Tantangan lain yang menurutnya cukup menguji mental adalah mengalahkan ego diri sendiri. Apalagi dengan kehidupan di kapal yang cenderung bebas sehingga membutuhkan pengendalian diri yang kuat terhadap segala godaan yang mungkin datang.

Apa sajakah yang harus dipersiapan untuk bisa bekerja di kapal pesiar?

“Untuk yang pertama mental ya, karena kita kan menghadapi dunia kerja yang jauh berbeda dengan budaya kita dan bertemu dengan banyak karakter kepribadian di sana. Dan untuk yang kedua masalah bahasa, terutama bahasa Inggris, karena komunikasi kita mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Terakhir, kita harus belajar tentang hospitality itu sendiri. Sekarang banyak sekali sekolah-sekolah yang mengajarkan tentang konsep hospitality atau pariwisata. Kita harus mempunyai kemampuan terlebih dahulu agar kita tahu di bagian apa nantinya kita akan dipekerjakan. Setelah semuanya kita pelajari, untuk berangkat ke kapal pesiar kita harus melalui proses dari melamar ke agen kapal pesiar sampai melakukan beberapa wawancara sampai akhirnya kita dinyatakan lulus dan siap diberangkatkan.” Terang Tono.

 

Nah, itulah hasil wawancara tim kami dengan Tono mengenai profesi yang dia geluti. Adakah yang kemudian tertarik dengan profesi ini? Jika tertarik, persiapkan diri temen-temen mulai dari sekarang ya.

Terimakasih Tono atas waktu dan sharingnya.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman Wonosobo Muda.

(Miji)

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0