Tulisan ini adalah karya peserta program Kelas Menulis yang diadakan atas kerja sama dari Wonosobo Muda dan Indika Foundation.

Minat melanjutkan ke perguruan tinggi di Wonosobo sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata warga Wonosobo hanya selesai hingga Sekolah Dasar. Ditambah lagi, wajib belajar 12 tahun saja belum banyak terlaksana apalagi melanjutkan hingga ke perguruan tinggi.

Hal ini juga tidak lepas dari stigma-stigma negatif yang muncul dari warganya. Alasan mengenai untuk apa pendidikan yang tinggi-tinggi jika nantinya mengganggur. Kemudian masih ada di beberapa desa Wonosobo yang mengganggap untuk apa sekolah lebih baik kerja saja atau lebih baik  jadi petani saja. Sehingga seringkali harapan-harapan bersekolah terpatahkan oleh stigma-stigma itu sering terjadi. Mulai dari sinilah hendaknya diperhatikan untuk diperbaiki. Stigma-stigma negatif itu harus dihapuskan lalu diganti dengan stigma-stigma positif. Misalnya,  pendidikan dapat mengubah nasib seseorang. Pendidikan mengubah perilaku seseorang. Selain itu, pendidikan dapat mengubah pola pikir untuk merencanakan kehidupan masa depan yang lebih baik lagi.

Di sisi lain, semangat untuk meraih pendidikan ke perguruan tinggi sangat perlu ditingkatkan. Hal ini berkaitan dengan pentingnya kuliah. Kesadaran pentingnya berkuliah bisa dibangun dari diri sendiri. Memunculkan semangat dalam diri dengan meyakini bahwa kuliah membuka peluang menuju kesuksesan. Setidaknya tanamkan dalam diri untuk memiliki pendidikan tinggi. Sehingga nantinya meskipun bekerja terlebih dahulu lalu kuliah, atau kuliah sambil bekerja, atau bekerja sambil kuliah hal itu bukan masalah.

Perubahan kehidupan ditentukan oleh diri sendiri. Begitu pula berpendidikan tinggi. Oleh sebab itu, lihatlah diri sendiri. Tidak lepas dari niat dan tekad untuk mengubahnya. Jadi, berusaha keras sebagaimana mestinya. Mencoba dan terus mencoba. Meyakini kemampuan diri sendiri itu harus selalu dijunjung tinggi. Usaha tidak mengkhianati hasil.

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0