plastic
source : bagitstore.com

Pemerintah mulai menerapkan kebijakan plastik berbayar di ritel modern pada 21 Februari 2016. Uji coba ini dilakukan pada 17 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon dan Papua. Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik di masyarakat. Sampah plastik memiliki berbagai dampak negatif karena mengandung bahan berbahaya yang menyebabkan penyakit pada manusia dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada lingkungan. Meskipun tidak semua plastik berbahaya namun ada baiknya jika kita mengurangi penggunaan plastiik

Sekitar 70.000 ton plastik dibuang dan plastik tersebut termakan oleh hewan air yang mengarah pada bioakumulasi plastik dalam hewan tersebut. Penyumbatan sungai akibat sampah plastik juga dapat menyebabkan banjir. Selain itu, kandungan bahan sintetis dalam sampah plastik akan menurunkan kualitas air. Di lain pihak, jika sampah plastik yang menumpuk kita bakar, pembakaran plastik juga dapat menyebabkan atmosfir terkontaminasi, dan menyebabkan berbagai dampak lainnya. Selain itu, plastik merupakan sampah anorganik yang sulit terurai, butuh waktu sekitar 500 – 1000 tahun untuk menguraikan sampah tersebut. Setiap tahun sekitar 100 juta ton plastik diproduksi di dunia. Bayangkan berapa jumlah pastik yang dibuang sehari, akan jadi apa bumi kita bila tiap hari kita menggunakan plastik. Mengingat besarnya dampak penggunaan plastic terhadap bumi kita, berikut kami sajikan beberapa cara sederhana yang bias digunakan untuk mengurangi penggunaan plastik:

  1. Tas Belanja

Tolak tawaran kantong belanjaan plastik saat barang belanjaan masih bisa dikantongi atau pun disatukan dengan kantong belanjaan yang ada. Gunakan ecobag atau bawa plastik sendiri dari rumah.

  1. Kurangi membeli makanan kemasan
  2. Kerajinan Tangan

Botol plastik kemasan dapat dikresiakan mencjadi pot bunga, hiasan rumah, mainan anak , bahkan lampu.

  1. Bawa Makanan dan Minuman Sendiri

Bawa makanan dan minuman sendiri dengan wadah yang bisa digunakan berulang kali. Cara ini akan mengurangi pembelian makanan dan minuman yang dibungkus plastik, semisal air minum kemasan. Hal ini sekaligus lebih sehat karena menghindari penggunaan bahan plastik yang berbahaya.

Nah, itulah beberapa cara hemat plastik untuk mengurangi sampah plastik. Kita mungkin tidak bisa menghindari plastik secara total, tapi setidaknya kita bisa menguranginya.Pengurangan pengguanan plastik memberikan manfaat positif bagi lingkungan. Plastik digunakan hanya sekali pakai tapi untuk memusnahkannya butuh waktu ratusan tahun. Yuk !!! kurangi penggunaan sampah untuk lingkungan yang lebih lestari.

(Maulidatuz Zahroo)

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0