Hampir seluruh penduduk kabupaten Wonosobo pasti tahu salah satu makanan khas yang sangat lezat ini, yaitu “Sego Megono”. Dialah teman setia  orang-orang di kaki pegunungan ini pada pagi hari (baca:sarapan).

Sego megono adalah sejenis makanan dengan berbahan dasar nasi, yang dicampur dengan sayur kol dan kacang panjang yang telah dimasak terlebih dahulu. Praktis, setiap sendok sego megono sudah terdiri dari nasi serta sayuran. Karena kepraktisannya itulah, makanan ini sangat cocok dimakan di pagi hari. Sarapan dengan sego megono akan lebih nikmat lagi bila dipadukan dengan “tempe kemul” khas Wonosobo. Tempe kemul menjadi teman sarapan sego megono yang pas, apabila dimakan saat masih hangat karena memiliki rasa yang sangat enak dan gurih. Lebih cocok lagi jika kita menyantap menu sarapan pagi di Wonosobo dengan kondisi yang dingin ini  dengan dipincuk (beralaskan daun pisang). Selain membuat makanan semakin sedap, daun pisang memberikan nuansa tersendiri dalam menyantap sego megono ini.

Selain menemai sarapan, sego megono biasanya di sajikan dalam beberapa acara. Seperti halnya di kampung saya, sego megono justru menjadi menu wajib untuk acara idul Adha. Menarik bukan?

Untuk para perantau, pastinya akan sangat kangen dengan sarapan sego megono dan tempe kemul di pagi hari. Tapi jangan khawatir, disini saya akan berbagi bagaimana cara membuat sego megono yang sangat lezat itu. Ini dia resepnya

Bahan :
Udang rebon, parutan kelapa, kacang panjang, kol, garam, gula merah, dan beras yang sudah menjadi aronan.

Bumbu halus :
Bawang merah, bawang putih, kencur, cabe rawit, dan garam.

Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus sampai wangi
2. Masukkan udang rebon dan kelapa parut dan campurkan sampai merata
3. Masukkan kol, kacang panjang, gula merah, dan garam kemudian aduk sampai rata dan tunggu sampai matang.
4. Kukus nasi yang dan taruh tumisan tadi di atasnya.
5. Tunggu sampai nasi matang dan kemudian campur nasi dengan tumisan yang ada di atasnya.
6. Nasi siap untuk dihidangkan

Tips : Masukkan garam dan gula dengan porsi lebih banyak agar nasi lebih terasa gurih.

Nah buat para perantau, mudah sekali bukan cara pembuatan sego megono ini. Jadi sekarang kita bisa masak sendiri di rumah masing-masing, dan menikmati kelezatan sego megono walaupun tidak sedang di kampung halaman tercinta.

 

Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Advertisements
google.com, pub-3699623534636543, DIRECT, f08c47fec0942fa0